Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Sula Besi Negeri Barakat

KoranMalut.Co.Id - Sula Besi (Hai Sua) Negeri Barakat artinya Negeri yang Diberkati oleh Allah. Sebelum para penjajah Portugis, Belanda dan ...


KoranMalut.Co.Id -
Sula Besi (Hai Sua) Negeri Barakat artinya Negeri yang Diberkati oleh Allah. Sebelum para penjajah Portugis, Belanda dan Jepang masuk di Jazirah Maluku Kie Raha para leluhur Pulau Sula Besi sudah menganut agama Islam. 

Makna Barakat ini yang menjadi filosofi dan semangat para panglima perang Sula Besi bergabung dengan Kesultanan Ternate untuk mengusir para penjajah Portugis, Belanda dan Jepang di Negeri Jazirah Maluku Kie Raha. 

Di Sula Besi para panglima perang Sula menjaga musuh baik para penjajah dan para perompak (Tobel) diperbatasan Pulau Obi dan Sula Besi di Pulau Lif Matola, karena kuatnya para pasukan perang Sula Besi maka para penjajah dan orang Tobel (orang ambil kepala menurut orang-orang tua Sula jaman dahulu) sulit untuk masuk di negeri yang diberkati Sula Besi. 

Kuatnya pasukan perang Sula Besi maka negeri Pulau Sula Besi merupakan salah satu negeri di Jazirah Maluku Kie Raha yang sulit  ditaklukkan para penjajah untuk menjajah bangsa Sula Besi, sulit mengambil hasil rempah-rempah pulau Sula Besi dan sulit penjajah Portugis dan Belanda  menyiarkan agama di Sula Besi. 

Barakat Hai Sua (tanah yang diberkati Allah) menurut para leluhur Sula Besi, merupakan doa makanya setiap pemuda Sula Besi yang merantau di negeri lain untuk mencari kerja baik PNS, TNI, Polisi dan Swasta selalu diingatkan bahwa dimana saja berada jangan lupa dengan negeri yang Diberkati Allah "Barakat Hai Sua". 

Barakat Hai Sua dan Dad Hia Ted Sua , mari kita memaknai kata-kata ini agar kita tidak melupakan sejarah perjuangan para leluhur Pulau Sula Besi agar kita semua bersatu sebagaimana para leluhur bersatu mengusir para penjajah dan perompak dari Negeri yang diberkati Allah, agar kita sama-sama membangun negeri Sula yang maju, sejahtera dan adil. 

Moto Dad Hia Ted Sua (Bersatu Bangun Sula) tidak boleh hanya menjadi kata-kata pemanis di bibir, tetapi harus dimaknai secara mendalam dan diimplementasikan dalam kehidupan masyarakat Sula Besi baik dalam kehidupan sosial kemasyarakatan, keagamaan dan pemerintahan.

Tidak ada komentar