Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Ketua Perhapi Pusat, Hadiri Musyawarah Ke VI Perhapi Maluku Utara

Ternate, KoranMalut.Co.Id -  Musyawarah daerah perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) maluku utara (Malut)  ke VI, di Royal Resto...


Ternate, KoranMalut.Co.Id - Musyawarah daerah perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) maluku utara (Malut)  ke VI, di Royal Resto Kalumpang kota Ternate Maluku Utara.,Kamis (17/10/2024).

Ketua Perhapi Pusat Rizal Kasli, ST Emeng saat di temui di arena kegiatan musyawarah Perhapi mengugkapkan, Ini kegiatan sangat positif sekali yang pertama setiap 3 tahun kita melakukan musyawarah Daerah untuk memilih ketua dan pengurus baru, tapi ketua memang bisa dua kali untuk menjabat di pengurus Perhapi, kan beliau baru satu kali jadi bisa dua kali maju, tapi semua bisa diserahkan kepada anggota untuk menentukan Pilihan di daerahnya masing-masing untuk menentukan ketuanya, kata Rizal 

Kemudian kita juga mengatakan seminar yang ini menjadi sarana untuk selalu bertukar ilmu berbagi pengalaman , terutama dari mahasiswa ini memperluas wawasannya di dunia pertambangan, karena yang hadir ini adik adik mahasiswa pertambangan karena sangat inline dengan ilmu yang mereka pelajari, terangnya.

Terpisah ketua Perhapi maluku utara, Muhammad Qadafi ST, menambahkan Jumlah anggota Perhapi provinsi Maluku Utara ada 68 orang dalam struktur Perhapi Maluku Utara, namun secara keseluruhan anggota Perhapi yang ada 300 orang itu memiliki hak suara, tetapi yang lain kan ada di perusahaan itu juga memiliki hal suara.,ujar Qadafi.

Anggota Perhapi pusat ada 11.000 an lebih di seluruh Indonesia dan juga di luar negeri Kita juga punya anggota di luar negeri dan bulan depan kita melaksanakan temu profesi tanggal 18 - 20 November di jakarta. Dan kongres pemilihan wakil ketua umum., jelas Rizal.

Yang pertama Perhapi ini adalah mitra pemerintah, mitra perusahaan dan juga mitra universitas yang ada prodi pertambangan, nah tujuan dari pendirian Perhapi itu adalah mengembangkan sumberdaya manusia di dunia pertambangan, karena kita tidak inginkan pengelolaan pertambangan itu di kelolah secara tidak benar, sehingga Kita perlu meningkatkan ilmu dan potensi nya Kita mengajarkan terutama pada adik adik mahasiswa dan juga anggota Perhapi.

Di perhapi itu banyak bidang dan semacam lembaga yang melakukan kegiatan peningkatan kompetensi, misalnya kita punya lembaga Diklat profesi Perhapi itu Kita melakukan training pelatihan , workshop untuk anggota anggota kita maupun karyawan perusahaan pertambangan, kemudian kita punya lembaga sertifikasi perhapi lembaga profesi nah itu kita memberikan sertifikat bagi pekerja pekerja tambang yang memang di haruskan undang undang, misalnya pengawas operasi pertambangan ada POP PWM, POU nah itu Kita bisa lakukan , karena ini kan berbasis BNSP (Badan Nasional sertifikat profesi).

Kemudian di berikan keahlian keahlian khusus, misalnya ekonomi tambang (Mineral ekonomi) itu ya, bagimana kita mengevaluasi perusahaan tambang , misalnya dengan cadangan sekian tambang Nikel ini bisa di nilai harganya berpa? Itu namanya evaluasi ekonomi tambang nah itu kita sudah berikan, sudah banyak hal, kemudian teknis teknik seperti, bagimana melakukan kliring pembooran dan peledakan yang bagus dan benar., ujarnya.**(red)

Tidak ada komentar