Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Debat Walikota dan Wakil Walikota Ternate, Panelis Siapkan 24 Pertanyaan

KoranMalut.Co.Id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate, Maluku Utara  menggelar debat tahap pertama untuk empat Pasangan Calon (Paslon)...


KoranMalut.Co.Id -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate, Maluku Utara  menggelar debat tahap pertama untuk empat Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota dengan tema “Transformasi Ekonomi, Lingkungan Hidup dan Infrastruktur Wilayah” akan diadakan di tempat Hotel Said Bella. Besok Kamis, (24/10/2024) 

Dari Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, agar  Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Ternate, 

Dian Fatma Kader mengatakan, dalam acara debat publik pertama, masing-masing Paslon akan memperkenalkan visi dan misi serta adu gagasan atau ide terkait tema yang diangkat.

“Ke empat Paslon akan diberikan kesempatan adu gagasan tentang tantangan dan permasalahan daerah sesuai dengan tema,” ujar Dian pada Rabu (23/10/2024).

Dian menjelaskan, berdasarkan PKPU menyebutkan bahwa waktu durasi debat paling lama 180 menit yang dibagi menjadi 6 sesi. Pihaknya, maksimalkan waktu yang ada agar setiap paslon mendapatkan kesempatan yang sama.

Debat akan dimulai pada pukul 08.00 WIT sampai selesai, dan ada 8 (delapan) panelis dari kalangan akademisi yang akan menyusun soal pertanyaan sebanyak 24 untuk peserta debat nanti,” ucapnya.

Dian, menjelaskan pendukung dari masing-masing Paslon yang bisa akses ke dalam ruangan debat hanya 30 orang dan selebihnya akan disediakan layar untuk bisa nonton bareng di luar Kantor KPU.

“KPU juga mengatakan kepada simpatisan agar tidak membawa atribut kampanye dalam bentuk apapun, dan yel-yel juga akan diatur hanya boleh dilakukan saat jeda iklan,” harapnya.

Dian menerangkan, debat publik ini adalah salah satu metode kampanye dan menjadi sarana pendidikan politik bagi masyarakat Kota Ternate untuk bisa menentukan pilihan mereka secara cerdas dan rasional.

“Tujuan dari debat ini untuk menyebarluaskan profil, visi dan misi serta program kerja masing-masing pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota kepada masyarakat,” jelasnya.

Selain itu Dian menambahkan, debat kedua nanti akan dilaksanakan pada tanggal 2 November 2024, sehingga pihaknya berharap dalam setiap debat yang diselenggarakan oleh KPU Kota Ternate dapat berjalan dengan lancar aman dan damai." harapannya Dian.**(ul).

Tidak ada komentar