Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Jika 17 Ribu Masyarakat Sula Besi di Ternate Tidak Diperhitungkan, Lebih Baik Golput

Amanah Upara, Ketua MPO Golkar Maluku Utara. KoranMalut.Co.Id - Masyarakat Sula yang merantau di Ternate berjumlah 17 ribu lebih, itu belum ...

Amanah Upara, Ketua MPO Golkar Maluku Utara.
KoranMalut.Co.Id - Masyarakat Sula yang merantau di Ternate berjumlah 17 ribu lebih, itu belum dihitung dengan masyarakat Sula yang berdomisili di Ternate sejak jaman Kesultanan Ternate yang mendiami Sulamadaha, Moya, Marikurubu, dll. Dan masyarakat Kabupaten Pulau Taliabu yang mendiami kota Ternate.

Banyaknya masyarakat Sula Besi di Ternate tidak menjadi perhitungan elite politik dalam sukses politik (Pilwalko) Ternate, masyarakat Sula di Ternate hanya sebagai penyumbang Suara dalam suksesi Pilwalko Ternate tetapi setelah Pilwako terlupakan, ada apa?

Agar suara masyarakat Sula Besi diperhitungkan dalam sukses politik Kota Ternate "kuncinya adalah kita harus bersatu menyatakan sikap politik. Bahwa orang Sula mendiami Ternate bukan hanya untuk menumpang kerja tetapi kita punya SDM yang mumpuni dan sudah banyak berbuat di Kota Ternate. 

Oleh karena itu, siapapun yang menjadi walikota Ternate orang Sula harus mendapatkan posisi penting dalam birokrasi dan politik jika tidak, golput lebih baik daripada kita menentukan pilihan politik tetapi tidak diperhitungkan dalam Pilwako Ternate".

Banyaknya masyarakat Sula Besi yang mendiami Ternate maka alangkah baiknya Pilwako Ternate 2029 sudah harus orang Sula mencalonkan diri sebagai walikota atau wakil walikota Ternate, ini adalah jalan satu-satunya untuk orang Sula melakukan agresi politik, agar kita dapat mengabdikan diri dan berbuat banyak untuk Kota Ternate, karena Ternate bukan milik sekelompok etnis tetapi miliki semua etnis di Malut. 

Para Kapita dari Sula di era Kesultanan Ternate mengabdikan diri di Kesultanan Ternate untuk mengusir penjajah. Kapita Sula menjadi Panglima Perang Kesultanan Ternate dan disegani dan ditakuti oleh para kapita lain di jazirah Malut. 

Dengan demikian Ternate juga bagian dari Sula Besi, maka masyarakat Sula Besi juga berhak untuk menjadi walikota dan wakil walikota Ternate, insya Allah.**(red/tim).

Tidak ada komentar