Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Bawaslu Halbar Gelar Sosialisasi Bersama OKP, Tokoh Agama dan Masyarakat Tentang Data Pemilih

Jailolo, KoranMalut.Co.Id - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Halmahera Barat (Halbar) Maluku Utara, menggelar Sosialisasi Tatap Muka ...


Jailolo, KoranMalut.Co.Id - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Halmahera Barat (Halbar) Maluku Utara, menggelar Sosialisasi Tatap Muka Bersama OKP, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Dalam Pengawasan Tahapan Pemutakhiran Data Dan Penyusunan Daftar Pemilih pada Pemilihan Tahun 2024, di Aula Hotel D'hoek Desa Hatebicara Kecamatan Jailolo, Rabu (3/6/2024).

Kegiatan tersebut menghadirkan tiga Narasumber yaitu, Irene Tangkawarow, Fentje Bawengan dan Kepala Dinas catatan sipil Halmahera Barat, Andy R Pilly dan di hadiri Ketua ketua cabang OKP Se-kabupaten Halmahera Barat Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. 

Tenaga Ahli Bawaslu RI, Dr. Wenly Lolong dalam sambutannya mengatakan, Bawaslu RI memandang penting dan sangat dibutuhkan terkait peran elemen masyarakat untuk memaksimalkan proses pengawasan terhadap penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah pada setiap tahapan.

"Saat ini tahapan Pemutakhiran Data Dan Penyusunan Daftar Pemilih pada Pemilihan Tahun 2024 sedang berjalan, peran elemen masyarakat sangat dibutuhkan," kata Welny 

Tentu dalam segenap persoalan yang ada, lanjut Welny, Bawaslu dalam tugas yang diamanatkan Undang-Undang untuk melaksanakan pengawasan pasti tidak boleh berjalan sendiri, menurutnya Bawaslu dengan jajaran yang ada di 514 Kabupaten kota di seluruh Indonesia di tambah dengan panwas kecamatan dan Desa tentu tidak maksimal dalam konteks pelaksanaan tugas tanpa adanya dukungan dari elemen masyarakat.

"Kegiatan ini sangat penting, bukan sekedar rutinitas program namun ada esensi yang kemudian menghadirkan pada aspek penyelenggaraan pemilihan, sebab selain dari pengawasan Bawaslu, pengawasan elemen masyarakat terhadap penyelenggaraan pilkada juga sangat penting sehingga upaya upaya yang dilakukan Bawaslu dapat berjalan sesuai harapan," ujarnya.

Tenaga Ahli Bawaslu Republik Indonesia ini menjelaskan, Kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan yang laksanakan secara periodik, sebab kegiatan tersebut termasuk upaya untuk menjaga hubungan dengan segenap elemen masyarakat. 

"Ditingkatan Bawaslu RI sangat berharap elemen elemen strategis di Kabupaten kota menjadi mitra dengan Bawaslu untuk melaksanakan dan menjalankan tugas kelembagaan bawaslu," ungkapnya.

Sementara itu, Kordiv Hukum Pencegahan dan Parmas, Helni Rosiana Amo saat memberikan sambutan menyampaikan, kegiatan Sosialisasi Tatap Muka Bersama OKP, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Dalam Pengawasan Tahapan Pemutakhiran Data Dan Penyusunan Daftar Pemilih pada Pemilihan Tahun 2024 itu dengan tujuan untuk menjalin sinergitas dengan elemen masyarakat untuk mensukseskan jalannya pilkada halbar tahun 2024 dengan baik.

Menurut Helny, Dalam proses pilkada, ada beberapa tahapan yang akan di laksanakan oleh pihak penyelenggara dan itu membutuhkan perhatian dan pengawasan dari pihak elemen masyarakat, salah satunya adalah Pemutakhiran Data Pemilih, ia menjelaskan, pada tahapan ini bawaslu melihat sangat penting adanya kolaborasi dan Sinergi dari seluruh elemen masyarakat untuk dapat memastikan dan mengawal jalannya tahapan pencoklitan data pemilih yang dilakukan oleh Penyelenggara KPU.

"Suksesnya pilkada dan melahirkan pemimpin yang baik dan cerdas bukan hanya berada di pundak penyelenggara Pemilu, tetapi juga berada di pundak elemen elemen strategis masyarakat, tentunya kolaborasi ini diharapkan untuk mewujudkan jalannya Pemilihan Kepala Daerah Halmahera Barat secara demokratis," tukasnya.

Yang terpenting menurut Helny adalah bagaimana sebagai warga negara berpartisipasi dan mengajak kepada masyarakat untuk mengawasi jalan pencocokan dan penelitian data pemilih (Coklit) oleh Pantarlih dan juga mengajak masyarakat untuk memastikan telah tercatat dalam tahapan tersebut.**(riko).

Tidak ada komentar