Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Musrenbang RPJPD, Pemda Morotai Siap Kembangkan Ekonomi Emas

Morotai, KoranMalut.Co.Id -- Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, menggelar musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daera...


Morotai, KoranMalut.Co.Id -- Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, menggelar musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Pulau Morotai tahun 2025-2045.

Sambutan Sekretaris Daerah Pulau Morotai Muhammad Umar Ali menyampaikan bahwa musrenbang RPJPD ini merupakan momen yang sangat penting merancang arah pembangunan Kabupaten jangka waktu 20 tahun ke depan.​

"Pada awal tahun ini, berdasarkan instruksi Kemendagri nomor 1 tahun 2024 telah di tetapkan pedoman untuk pembuatan RPJPD yang dibuat untuk mencapai Indonesia emas 2045 melalui Pembangunan Nasional dan Daerah yang berkelanjutan untuk menghadapi berbagai tantangan yang kompleks akhir-akhir ini dan akan datang," kata Umar.

"Kemudian baik di bidang ekonomi, sosial, maupun lingkungan yang terangkum dalam isu-isu strategis pembangunan yang perlu menjadi fokus dalam 20 Tahun ke depan," tambah dia.

Namun, Umar bilang, Kabupaten Morotai perlu mengantisipasi dinamika kondisi geopolitik dan geoekonomi yang meningkat.

"Peningkatan jumlah penduduk dan bonus demografi sebagai modal pembangunan yang penting harus diperkuat, modal sosial budaya berperan sebagai faktor pendukung pembentukan modal manusia," jelasnya.

Lanjut dia, kemudian kekayaan alam merupakan modal dasar bagi Pembangunan Daerah, khususnya Morotai.

"Baik sumber daya terrestrial maupun sumber daya Kelautan dan Perikanan, kemudian perubahan iklim. kondisi bumi yang makin panas saat ini telah masuk pada kategori "Kode Merah bagi Manusia," tandasnya.**(oje)

Tidak ada komentar