Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Manfaatkan DD 20%, Desa Modapuhi Trans Berhasil Kembangkan Pangan Desa

SANANA, KoranMalut.Co.Id - Sadar akan Pertanian Desa merupakan basis terpenting dalam mewujudkan ketahanan Pangan. Pemerintah Desa Modapuhi ...


SANANA, KoranMalut.Co.Id - Sadar akan Pertanian Desa merupakan basis terpenting dalam mewujudkan ketahanan Pangan. Pemerintah Desa Modapuhi Trans Kecamatan Mangoli Utara, Kabupaten, Kepulauan Sula (Kepsul) terus mengembangkan dan melakukan berbagai penguatan jenis hasil tanaman 

Kades Modapuhi Trans, Mukaram Buamonabot, kepada media ini mengatakan, gerakan Pangan Lokal berbasis Desa tentunya mendukung perwujudan konsep Nawa Cita ketiga membangun Indonesia dari pinggiran sebagaimana anjuran Kemendes, Rabu (21/6/2023) kemarin.

Lanjutnya, Dengan pertanian yang kuat, maka kesempatan desa untuk bangkit dan berkembang akan semakin cepat. Apalagi gerakan ini juga menekankan pembangunan pertanian dari sisi sosial, ekonomi, dan ekologi. Sehingga program Desa melalui anggaran DD sebesar 20% untuk Ketahanan Pangan, sudah semestinya fokus dijalankan.

"Saya optimis program ketahanan pangan yang dikelola atas kerja sama Pemerintah Desa dan Warga akan berkembang maju, dengan melihat cara pengelolaannya sudah sesuai standar yang telah ditentukan, tinggal ada beberapa kendala dan kekurangan, namun ada sebuah harapan besar kedepan untuk memenuhi kebutuhan pangan warga Desa Modapuhi Trans," tutur Mukaram.

Dengan begitu, selaku Kades, Mukaram, menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Daerah atas kepercayaan yang diberikan, dengan harapan Pemerintah Desa dapat melakukan pertemuan dengan instansi terkait.

"Untuk itu, kami akan merencanakan panen bersama sekaligus merencanakan perluasan areal tanaman Pangan di Desa Modapuhi Trans pada tahun berikut, juga kerja sama dalam hal pemasaran,"tulis Mukaram, dalam pesan Watssapnya.

Adapun tanaman yang ditanam Pemerintah Desa Modapuhi Trans dan Warga, yang didalamnya terdapat, kacang tanah, Jagung, tanaman labu, serta padi. (ikd)

Tidak ada komentar