Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

IKA SMANSA ’88 QURBAN SATU EKOR SAPI

TERNATE, KoranMalut.Co.Id - Ibadah qurban selain bertujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperoleh ridha-Nya, juga sebagai ibadah s...


TERNATE, KoranMalut.Co.Id - Ibadah qurban selain bertujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperoleh ridha-Nya, juga sebagai ibadah sosial dengan menyantuni kaum lemah. Ibadah ini mengandung nilai keteguhan dan keimanan serta menjadi bukti pengorbanan yang di dasari dengan penuh keikhlasan dan kesabaran.

Ibadah Qurban sejatinya memiliki banyak hikmah yang berlimpah namun secara garis besar  hikmah terbesarnya adalah mendapatkan dua garis hubungan baik dan tidak dapat terpisahkan diatara keduanya karena menjadi kebutuhan yang saling melengkapi. yaitu Hablumminallah (Hubungan manusia dengan Tuhannya) dan Hablumminannas (Hubungan manusia dengan sesama manusia).

Penanggung Jawab kegiatan Qurban IKA SMANSA’88 *Aprisary Soleman* menyampaikan bahwa Perayaan Idul Adha 1444 H/2023 Tahun ini, Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Angkatan 1988 (IKA SMANSA’88) Kota Ternate memberikan sumbangan hewan qurban 1 (satu) ekor Sapi yang diserahkan langsung ke panitia qurban Masjid Sultan Ternate pada tanggal 27 Juni 2023.

Menurutnya bahwa pengadaan hewan qurban  ini berkat kerjasama dan sumbangan dari teman-teman Alumni SMANSA’88 baik yang berdomisili di Maluku utara khususnya Kota Ternate dan luar daerah Maluku Utara.

Dikatakannya, pelaksanaan pemotongan hewan qurban yang dilaksanakan bukan semata hanya membagikan daging kepada masyarakat setempat. Tapi lebih kepada mempererat silaturahim sesuai dengan tujuan program kerja alumni yaitu ‘Saling Berbagi Menjalin Silaturahmi’.

Moment ini kami jadikan sebagai sarana untuk menjaga  hubungan silaturahmi dengan seluruh Ikatan Alumni SMANSA’88 agar tetap terjalin rasa kekeluargaan yang erat dan yang terpenting esensi dari berqurban adalah memberi, berbagi dan meneladani keikhlasan Nabi Ibrahim As dan putranya Ismail As. Ini mengandung hikmah agar manusia berlomba-lomba dalam mencari kebaikan.

Mari jadikan momentum Idul Adha dan pemotongan hewan qurban untuk meneladani kisah Nabi Ibrahim As dan Ismail As dalam menghadapi segala ujian dan cobaan dari Allah SWT, ujar Aprisary yang biasa di sapa ilel.

Sementara Ketua Umum IKA SMANA’88 *M. Taqwim Masuku*, menambahkan Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 menjadi ajang menabur kebaikan dengan mengeluarkan sebagian rezeki melalui kerelaan berqurban.

Ada dua peristiwa penting yang secara serempak dilakukan umat Islam di dunia bertepatan dengan Hari Raya Idul  qurban. Pertama, pelaksanaan ibadah haji di Makkatul Mukarramah yang tengah dilakukan saudara-saudara kita. Kedua, ibadah qurban yang insya Allah kita pun ikut melaksanakannya.

Ibadah qurban yang dilakukan dengan cara menyembelih hewan qurban pada hakikatnya adalah bentuk ekspresi keimanan dan ketakwaan atas perintah Allah SWT. Pengamalan kurban ini bersifat ta’abbudi dan harus sesuai dengan petunjuk Allah dan rasul-Nya. Memang secara fisik yang disembelih adalah hewan qurbannya, tetapi hakikat yang sampai pada-Nya adalah bentuk ketakwaan. Hikmah yang kedua adalah rasa syukur nikmat kepada Allah SWT. Ibadah kurban yang dilakukan kaum muslimin pada hakikatnya adalah bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan, pungkas M. Taqwim Masuku yang keseharian juga sebagai Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Batam.**(red

Tidak ada komentar