Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Catatan Akhir Tahun 2022: Kantor Imigrasi Tobelo Raih Tujuh Prestasi Penting

HALUT, KoranMalut.Co.Id - Sepanjang Tahun 2022 ini, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Tobelo berhasil meraih 7 (tujuh) prestasi yang membangg...


HALUT, KoranMalut.Co.Id - Sepanjang Tahun 2022 ini, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Tobelo berhasil meraih 7 (tujuh) prestasi yang membanggakan dari Kementerian hukum dan HAM RI maupun dari luar Kemenkumham selama di pimpin 

“Penghargaan yang paling menonjol yang cukup membanggakan bagi kami yaitu predikat Unit Kerja Pelayanan Berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Tahun 2022 dari Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Kenapa cukup membanggakan, karena dari Kemenkumham hanya 3 unit kerja termasuk Kantor Imigrasi Tobelo. Dan Ini cukup bergengsi di tingkat nasional,kantor kami yang jauh dari ibukota negara berhasil meraihnya,” ujar Kakanim Tobelo Agung Pramono pada konferensi pers Capaian Kinerja Tahun 2022 di ruang rapat kantor setempat pada Rabu (28/12/2022).


Selain penghargaan WBK dari KemenPAN dan RB, Agung merinci beberapa penghargaan lainnya yaitu Penghargaan dari Kabupaten Halmahera Utara sebagai Kantor Bersih dan Terang, Terbaik Pertama Kategori Publikasi Kehumasan Tingkat Wilayah Tahun 2022 dari Kanwil Kemenkumham Maluku Utara. 

Penghargaan berikutnya yaitu Satuan Kerja Kantor Imigrasi nilai Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik III Periode Januari s.d Mei TA 2022 dari Ditjen Imigrasi, Peringkat Kedua Nilai IKPA dari KPPN Tobelo, Peringkat Kedua Ketepatan Perencanaan dan Realisasi Anggaran dari KPPN Tobelo, dan Lulus Penilaian TPI Menuju TPN Sebagai Unit Kerja Pelayanan Berpredikat WBK berdasarkan Keputusan ITJEN Kemenkumham RI.

Selain meraih beberapa penghargaan, Agung juga merilis data pelayanan bagi WNI dan WNA yaitu penerbitan paspor RI 48 halaman non elektronik sebanyak 1.040 buku paspor. Sementara itu untuk penerbitan Izin Tinggal Terbatas bagi orang asing sebanyak 5.686 orang, dan 3 orang Izin Tinggal Tetap.

“Sepanjang 2022 Kantor Imigrasi Tobelo juga melakukan kegiatan pemeriksaan keimigrasian terhadap awak alat angkut non regular yang masuk dan keluar wilayah Indonesia melalui pelabuhan khusus PT Youshan Nickel Indonesia (TKYN) Kabupaten Halmahera Tengah, sebanyak 167 kapal kedatangan dengan total kru kedatangan 3.353 orang dan 133 kapal keberangkatan dengan total kru 2.583 orang,” ungkap Agung.

Dalam hal pengawasan orang asing, Kantor Imigrasi Tobelo telah melakukan kegiatan rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kabupaten 3 kegiatan di Kabupaten Halmahera Utara dan Halmahera Tengah. Pengawasan orang asing juga dilakukan operasi gabungan 2 kegiatan, dan operasi mandiri 7 kegiatan. Tak hanya itu, Imigrasi Tobelo telah mendeportasi 4 orang WNA, serta telah melakukan 2 Penyidikan Tindak Pidana Keimigrasian/ Pro Justicia.

Dengan wilayah kerja yang meliputi Kabupaten Halmahera Utara, Halmahera Tengah, Halmahera Timur, dan Pulau Morotai, Agung berjanji akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya penerbitan paspor. Pada 2022 ini pihaknya telah melakukan pelayanan jemput bola dengan program eazy paspor sebanyak 7 kegiatan dengan jumlah 563 permohon.

“Dalam hal pengelolaan keuangan, Kantor Imigrasi Tobelo berhasil melakukan penyerapan anggaran tahun 2022 sebesar 98,62% (Rp 5.890.706.279) dari total pagu anggaran Rp 5.973.083.000,” tuturnya.

Di samping itu dalam upaya peningkatan pelayanan masyarakat, Kantor Imigrasi Tobelo telah membuat beberapa inovasi yaitu :

1. Paspor Kelompok Renta Diantar Aja (Papeda) paspor akan diantar ke rumah dengan radius 20 km yang diperuntukan para pemohon paspor kelompok renta dan disabilitas;

2. Chat Kantor Aja Langsung (Cakalang) aplikasi dua arah secara langsung dengan petugas; 

3. Aplikasi Pelaporan Kapal Keluar Masuk Mudah dan Ramah (Ikan Kakap Merah) diperuntukan bagi agen atau penanggung jawab alat angkut dalam melaporkan kedatangan dan keberangkatan kapal.

4. Pelayanan Izin Tinggal Ramah, Tunggu Torang Ketempat Ngana (Air Guraka) pelayanan Izin Tinggal mobile dimana WNA tidak perlu lagi dating ke Kantor Imigrasi Tobelo untuk pengambilan Biometrik.**(red)

Tidak ada komentar