Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Steven Mengirim Pesan Damai Untuk Basudara di Maluku

TALIABU, KoranMalut.Co.Id - Ikatan Basudara Maluku (IKBAMA) di Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara, mengirimkan pesan damai untuk seluruh b...


TALIABU, KoranMalut.Co.Id - Ikatan Basudara Maluku (IKBAMA) di Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara, mengirimkan pesan damai untuk seluruh basudara di Negeri Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Hal ini menyikapi bentrokan antar warga yang terjadi Rabu 26/1/2022 kemarin.

"Mari katong baku jaga keharmonisan hidup orang basudara di tanah Maluku, pela gandong ee," ucap Steven Ohoiledjaan, salah satu anggota IKBAMA di Taliabu, Kamis (27/1/22).

Steven yang mrupakan putra Maluku Tenggara ini meminta pemerintah diberi kesempatan menyelesaikan persoalan tapal batas yang terjadi antar dua kampung itu.

"Persoalan yang terjadi di Negeri Haruku itu jangan dijadikan sebagai isu-isu atau kepentingan orang-orang tertentu untuk memecah belah basudara di Negeri Haruku. Biarkan saja menjadi tugas pemerintah untuk menyelesaikan secara sosial, moril maupun secara hukum," tuturnya .

Menurutnya, insiden tersebut tentu sangat berpengaruh terhadap warga Maluku di seluruh Indonesia.

"Jadi kita perlu sadari bahwa kejadian tersebut tidak perlu merasa ada yang dirugikan atau merasa diuntungkan. Yang terpenting adalah kita menjaga kedamaian bangsa ini," pintanya

Steven meminta damainya kehidupan warga di Pulau Taliabu bisa dijadikan contoh.

"Kami menginginkan terciptanya kedamaian sosial. Karena apa, Pulau Taliabu sudah sejak ratusan tahun yang lalu berdampingan, hidup bersama, bergandengan tangan, walaupun dengan bermacam-macam warna, macama-macam perbedaan suku, adat, budaya, ras bahkan berbagai macam perbedaan keyakinan. Selama ini torang Taliabu tetapi hidup damai dan harmonis," kata dia.

"Taliabu ini bukan cuma satu kabupaten dalam pandangan kami. Kami menganggap Pulau Taliabu merupakan nawacinta bangsa yang melindungi dan mencintai perbedaan. Kami Taliabu adalah Bhinneka Tunggal Ika, kami Taliabu adalah satu darah, yaitu merah putih," tutup.**(fr)

Tidak ada komentar