Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Seluruh Warga Binaan Lapas Tobelo Jalani Pemeriksaan Kesehatan Gigi

TOBELO, KoranMalut.Co.Id - Seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau Narapidana (Napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tobelo,...


TOBELO, KoranMalut.Co.Id - Seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau Narapidana (Napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tobelo, Halmahera Utara, Maluku Utara, menjalani pemeriksaan kesehatan. 

Langkah ini sebagai tugas Lapas Tobelo dalam membina Nali untuk menjadi manusia seutuhnya dan lebih baik, yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang RI Nomor 12 tahun 1995 tentang Pemasyarakatan. 

Kali ini, Lapas Tobelo mendatangkan Dokter Gigi atas nama drg.Soeharianto, untuk memperhatikan kesehatan Napi, mulai kesehatan Mulut dan Gigi, yang dilaksanakan di Auditorium Lapas Kelas IIB Tobelo, Sabtu (06/10/2021).

Plt. Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Samsusudin Buton, kepada wartawan mengatakan pihaknya mendatangkan Dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan dan tindakan kesehatan mulut dan gigi Napi setiap satu minggu sekali. 

“Sebelumnya Napi yang ingin mengikuti pemeriksaan sudah didata terlebih dahulu oleh petugas kesehatan untuk kemudian dilakukan tindakan olDokter gigi. Napi yang telah mendaftarkan diri mendapatkan layanan kesehatan seperti pencabutan gigi, pembersihan karang gigi, dan penambalan gigi,” jelas Samsudin.

“Sebelumnya Dokter dan asistennya sudah melakukan Edukasi terhadap Napi, mengenai pentingnya untuk mengetahui bagaimana menjaga kesehatan gigi dan mulut. Terlebih kegiatan menyikat gigi yang kita lakukan setiap haripun terdapat tata caranya sendiri,” ucapnya.

Samsudin bilang, tidak hanya Dokter Gigi yang melayanai warga binaan, namun kedepan akan mendatangkan Dokter Umum dalam rangka untuk memenuhi hak-hak kesehatan kepada warga binaan pemasyarakatan khususnya di Lapas Kelas IIB Tobelo.

Sementara itu, drg. Soeharianto mengatakan seusai pelaksanaan perawatan gigi, langsung mengingatkan kepada Bapi Lapas Kelas IIB Tobelo pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

“Selama berada di dalam Lapas harus menjaga gigi dan mulut, dikarenakan belum tersedianya layanan dokter gigi yang ada di dalam Lapas Kelas IIB tobelo,” ucapnya dan mengakhiri.**(red).

Tidak ada komentar