Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

GAMHAS Kepung Kantor DPRD Pulau Morotai

MOROTAI, KoranMalut.Co.Id - Gerakan  Mahasiswa Pemerhati Sosial (GAMHAS)  Gelar aksi di depan Kantor DPRD Kabupaten Pulau Morotai  persoalan...


MOROTAI, KoranMalut.Co.Id - Gerakan  Mahasiswa Pemerhati Sosial (GAMHAS)  Gelar aksi di depan Kantor DPRD Kabupaten Pulau Morotai  persoalan Air Bersih di Desa Aru Irian Dan Usbar Pante., Kamis (04/11/2021)

Menurut Oscan Rois Kordinator lapangan Gamhas Terlihat di Provinsi Maluku Utara Lebih Khususnya Kab Pulau Morotai, Bahwa menduga ketidak siriusan lembaga Legislatif Morotai yang tidak tau arah dan tanggung jawab untuk mengawal penuh terkait kepentingan Rakyat, ahirnya kita ketahui bersama bahwa air adalah sumber kehidupan mahluk hidup yang paling pokok sehingga perlu di perhatikan masalah yang di hadapi oleh masyarakat Desa Aru Irian dan Desa Usbar air bersih mulai dari tahun 2012-2021 tidak pernah menikmati air bersih walaupun Pemda Pulau Morotai suda mengadakan sumur Bor tetapi air yang ada di Desa Aru Irian mangandung zat kapur yang tinggi sehingga warga desa tidak pernah menikmati air bersih karena berpegaruh pada kesehatan jika di minum., Ucap Oscan Rois.

Lanjut orasi yang di sampaikan oleh  Moderator Putri Diana Lota, Air merupakan karunia Tuhan dalam Undang-undang Dasar 1945 Pasal 33 Ayat 3 bahwa penguaan atas bumi ,air dan ruang angkasa, serta kekayaan yang terkandung didalamnya untuk di pergunakan sebesar-besarnya demi kemakmuran Rakyat. 

Adapun UU RI nomor 17 Tahun 2019 Tentang Sumber Daya Air BAB V Pengelolaan sumber daya air, pasal 24 ayat 6 yakni pengolahan kualitas air sebagaimana di maksud pada ayat (3) huruf c dilakukan dengan cara memperbaiki kualitas air pada sumber air dan prasarana sumber daya air. Undang-Undang atau Regulasi yang di buat oleh pencetus kebijakan tidak berbanding lurus dengan realitas yang ada di Kabupaten Pulau Morotai.

Olehnya itu GAMHAS mendesak kepada Pemerintah Daerah secepatnya selesaikan masaalah air bersih yang ada di Desa Aru Irian dan Usbar Pante:

1. DPRD Pulau Morotai dan PDAM Hadirkan mesin Pemfilter Air dan Penampung Bak air Desa Aru Irian

 2. DPRD dan PDAM Pulau Morotai Hadirkan pipah air dan memperkerjaan kembali Tenaga Kerja PAM yang ad di Desa Usbar Pante.

Kami yang tergabung Dalam GAMHAS Oscan Rois berharap DPRD Kab Pulau Morotai dan PDAM Segerah bekerja sesuai fungsi yang di atur oleh Regulasi Indonesia, Tutup Kordinator Lapangan (JK)

Tidak ada komentar