Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

IKB Waigitang Halut Resmi Dikukuhkan

TOBELO. KoranMalut.Co.Id - Ikatan Keluarga Besar Waigitang (IKBW) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) resmi di kukuhkan pada Sabtu (28/12),...

TOBELO. KoranMalut.Co.Id - Ikatan Keluarga Besar Waigitang (IKBW) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) resmi di kukuhkan pada Sabtu (28/12), pengukuhan ini ketua Umum dan dewan pengurus untuk meningkatkan Tali Silaturahmi antar sesama masyarakat Waigitang di Kabupaten Halmahera Utara (Halut), IKB Waigitang ini pertama kali muncul dari Sukitman Asgar bersama teman-teman Waigitang Lainnya untuk menggagas Organisasi Paguyuban yang bernama IKB Waigitang-Halut yang dipusatkan di desa Ngofagita Kecamatan Malifut.

Pemilihan pengurus IKB Waigitang periode 2019-2022 ini, melalui Musyawarah Daerah,sehingga dipilihlah Bapak Samud Taha Sangaji sebagai Ketua Umum terpilih dan dikukuhkan oleh Hi Sadek selaku Soan Waisamola Soan Asli Desa Waigitang serta disaksikan oleh 8 Soan, Soan Waisamola, Soan Dukon, Soan Sobobe, Soan Ngemnoli, Soan Imam, Soan Hukum, Soan Sangaji dan Soan Lailoyo.

Pelaksanaan Pengukuhan dihadiri oleh Unsur Muspika dan Sesepuh Waigitang mewakili Pemda Halut Suryadarma, Sesepuh Anggota DPRD Provinsi Sahril Tahir dan Anggota DPRD Kabupaten Halut bapak Yusri Bailussy serta IKBW Kabupaten Kota se Maluku Utara.

Acara yang dilaksanakan di pantai Desa Ngofagita tersebut dianggap membawa suasana Pemersatu karena turut dipentaskannya Tarian Cakaiba yang merupakan Tarian Asli Desa Ngofakiaha dan Ngofagita yang lama tidak lagi didengar, serta dibacakannya sejarah Perjalanan dan Perpindahan/Transmigrasi Lokal dari Pulau Makean ke Kec Malifut pada tahun 1975, yang tadinya harus dipaksakan pindah oleh Pemerintah Dati II Maluku Utara karna lentupan Gunung Kie Besi, namun saat ini bagi sebagian kalangan menganggap hadirnya masyarakat Makean dan Waigitang dikecamatan Malifut mengancam keselamatan hak-hak mereka di Daerah Kecamatan Malifut.

Pada Kesempatan tersebut, Mewakili Pemda Halut bapak Suryadarma dalam sambutannya menyatakan bahwa, Organisasi Seperti ini bagus dikembangkan dalam rangka Tali Silaturahmi dan dapat membantu Pemerintah Daerah dalam mengsukseskan Program-Program Pemda dan Pemerintah Pusat, contohnya Pelaksaan Sosialisasi Radikalisme Narkoba dll, krna telah mudah disampaikan kepada Anggota dan Masyrqakatnya bila sdh terbentuk wadah seperti ini.

Sementara ketua Umum yg baru di kukuhkan bapak Samud Taha yang juga sebagai Kepala DLH Halut menyampaikan dalam Sambutannya, IKB Waigitang Halut adalah murni untuk Tali Silaturahmi dan saling kenal mengenal serta terspirasi atas Bahasa Makean Waigitang yang lambat laun hilang ditelan budaya dan jaman dewasa ini, karna tdk lagi digunakan olh kalangan generasi muda, sehingga akan dimasukkan dalam program bahwa, wajib orang Waigitang dalam rumah harus berbahasa Makean agar dapat dipahami dan diketahui oleh anak-anak mereka dengan Semboyan Makagaguno, Makaamak dan Makatanoan yang artinya Bakusimore, Bakulia dan bakuinga.

Setelah Pengukuhan Ketua Umum oleh Soan Wisamola Bapak Haji Sadek dilanjutkan dengan Pelantikan Pengurus Harian Wakil Ketua 1 Abdul Majid Imam dengan Sekretaris Gunawan Hi. Abas Wasamola serta Bendahara Mansur Hi. Halil Imam S.Pd dengan terdiri dari 8 Bidang dalam Struktur Kepengurusan ini berdasarkan AD/ART selama 3 tahun yang berakhir pada Akhir tahun 2022
Sementara duduk Sebagai Pembina adalah Bupati Halut dan Kades Ngofagita Irwan Ahmad sebagai Penasehat IKBW-Halut.

Setelah acara pengukuhan tersebut,kegiatan malamnya dilanjutkan dengan Pesta Adat Ronggeng Togal.**(red/km)