Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Abner Meminta Masyarakat Jaga Sungai Wailamo

TOBELO. KoranMalut.Co.Id -  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) melakukan pekerjaan pembersihan s...

TOBELO. KoranMalut.Co.Id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) melakukan pekerjaan pembersihan sungai Wailamo di kecamatan Kao Barat. Pekerjaan sungai tersebut berupa pembersihan dan pengerukan sampah dengan menggunakan satu unit Excavator. Berhubung karena Kondisi sungai yang tadinya tersumbat oleh sampah bambu sekarang sudah mulai bersih.

Disamping itu, Kegiatan pembersihan ini juga untuk mengatasi tersumbatnya aliran air,akibat dari sampah sungai yang sudah dipenuhi disebabkan karena prilaku buruk masyarakat.

Kepala BPBD Halut, Abner Manery mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah dalam bentuk apapun seperti pohon kayu dan bambu,sebab,apabila datang musim hujan dapat menyebabkan banjir di sekitar Sungai Wailamo. “Sangat diharapkan kesadaran warga disiplin menjaga kebersihan, keindahan dan kenyamanan sungai dan lingkungan sekitar sungai yang ada di Kecamatan Kao Barat” tandas Kepala BPBD Halut, Abner Manery, rabu (04/12).

Menurutnya, pekerjaan sungai Wailamo ini, baru berlangsung selama tiga hari tetapi progresnya telah mencapai 200 meter dan lebar yang sebelumnya 2- 3 meter menjadi 8- 10 meter, " untuk pekerjaan pembersihan dan pengerukan sungai Wailamo menggunakan APBD 2019," ungkapnya.

Ia menghimbau kepada masyarakat agar menjaga kebersihan di sekitar sungai Wailamo sehingga tidak tersumbat dan kelestarian daerah aliran sungai tetap terjaga,” kami mengajak kepada masyarakat agar turut berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan, terutama lingkungan aliran sungai,” imbaunya.**(red)