Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Wagub Hadiri Munas APPSI di Jakarta

Wagub Malut, M. Ali Yasin Ali, Hadiri Munas APPSI  KoranMalut.Co.Id - Gubernur Provinsi Maluku Utara, M. Al Yasin Ali, sejak senin hingg...

Wagub Malut, M. Ali Yasin Ali, Hadiri Munas APPSI 
KoranMalut.Co.Id - Gubernur Provinsi Maluku Utara, M. Al Yasin Ali, sejak senin hingga selasa (25-11/2019) malam, menghadiri musyawarah Nasional (Munas) Asosiasi pemerintah provinsi seluruh indonesia (APPSI) Ke-VI di Hotel Borobudur, lapangan banteng jakarta pusat.

Pemilihan ketua APPSI Periodisasi 2019-2024, di buka langsung oleh wakil Presiden RI, KH. Ma'aruf Amin. Sedangkan munas APPSI sendiri mengagendakan beberapa isu penting, yakni Penguatan Ketahanan daerah dalam menghadapi tantangan Global dan dampaknya terhadap Pertumbuhan ekonomi nasional.

Wapres Ma’ruf Amin dalam sambutannya dihadapan Gubernur Se-Indonesia mengharapkan Pemerintah Daerah bisa bekerja sama untuk menjalankan program prioritas, sekaligus memastikan prioritas agar dapat dipahami dan didukung.

Prioritas dimaksud adalah pembangunan sumber daya manusia, pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, reformasi birokrasi, dan transformasi ekonomi.

Untuk itu, wapres meminta kepala daerah bisa berinovasi dalam rangka menghadapi hal di atas, sekaligus meminta sejumlah persoalan agar dimasukkan kedalam program kerja dan prioritas APPSI ini.

Wagub M.Ali Yasin Ali Dan Peserta Munas APPSI
Karena itu, pemerintah sedang fokus terhadap pencegahan stunting. Lanjut Wapres, angka prevalensi stunting masih tinggi. Namun, Pemerintah telah menetapkan target penurunan prevalensi stunting menjadi di bawah 20 persen pada 2024.

Untuk menuntaskan kemiskinan dan stunting, diungkapkan Wapres, perlu bantuan semua elemen, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dunia usaha, hingga masyarakat.

Disela-sela acara Munas, wakil Gubernur maluku utara, M. Al Yasin Ali berharap, dalam munas APPSI kali ini, dapat menghasilkan ketua APPSI yang baru, dan dapat mengakomodir seluruh kepentingan daerah.

Sesuai arahan wapres, Pemprov malut, menurut M. Al Yasin Ali, siap untuk melaksanakannya. Bahkan, untuk Program Stunting, Pemprov bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat telah bergerak, agar Stunting yang terjadi selama ini, dapat ditekan dan minimalisir.

Dalam munas tersebut, wakil Gubernur turut didampingi Asisten II, Umar Sangadji, Kadis Pangan, Saleh A. Gani,  beserta Azis Karie kepala badan Penghubung provinsi maluku utara jakarta.

Sementara itu, pemilihan ketua umum APPSI, diungguli Gubernur Anies Baswedan, dengan perolehan sebanyak 13 suara, disusul Gubernur jawa barat, Ridwan Kamil, sebanyak 9 suara, dan mines Gubernur Kalimantan timur.**(red)